Aneka Dessert Kini Tersedia di Gourmet World

mediadetail43

Restoran Gourmet World di Kemang, Jakarta Selatan, dikenal akan hidangan Barat dan Asianya. Namun, mulai Januari 2013, restoran yang terletak di lantai dua Ranch Market ini memperkaya sajian dessertnya. Pastry chef lulusan sekolah kuliner prestisiuspun digaet.

Jika sebelumnya restoran Gourmet World lebih banyak didatangi untuk bersantap berat, kini Anda bisa menjadikannya tempat bersantai sambil mencicipi aneka pastry buatan Ayu Anjani Rahardjo (22). Wanita muda yang akrab dipanggil Ann ini memperoleh gelar diploma dari Le Cordon Bleu Sydney, Australia.

Sebagai konsultan dan supervisor pastry, Chef Ann telah menciptakan 10 jenis dessert eksklusif untuk Gourmet World. Untuk cake, ada Strawberry Cream Cheese Cake, Reese’s Banana Cake, serta White Chocolate Cake. Cake ini dijual per potong maupun utuh.

Adapula Coffee Tart yang kuat aroma espressonya, serta Egg Nog Tart yang wangi rum. Kalau ingin mencicipi pastry bertekstur seperti roti untuk teman minum teh, di sini tersedia Apple Cream Puff dan Cinnamon Rolls.

Selain itu, Blueberry Bliss Trifle serta Summer Fruits Pavlova yang jadi favorit juga dapat Anda cicipi di Gourmet World. Harga yang ditawarkan mulai Rp 15.000-55.000 per porsi.

Di acara food tasting menu dessert Gourmet World, Rabu (09/01/13), Chef Ann mempraktikkan cara membuat dasar adonan muffin. Agar adonan menyatu dengan baik, Chef Ann memisahkan adonan kering seperti tepung, baking powder, dan baking soda, dengan adonan basah seperti telur dan ekstrak vanila.

“Namun mentega dan gula pasir tidak bisa dipisahkan. Keduanya harus dikocok di awal,” ujarnya. Menurut Ann, langkah bernama creaming butter ini merupakan kunci kelembutan kue.

Agar terkocok dengan baik, setiap beberapa saat, Ann mematikan mikser lalu menyerok adonan di pinggir mangkuk agar ke tengah. Ia juga selang-seling memasukkan tepung dan sour cream ke dalam adonan. “Sour cream harus terakhir dimasukkan agar hasilnya lembut, tidak kering seperti jika tepung yang terakhir dicampurkan,” katanya.

Sulit mendapatkan sour cream? Ganti saja dengan plain yogurt atau susu yang dicampur dengan lemon. “Sebenarnya lebih enak jika menggunakan buttermilk, tapi sulit dicari di sini,” ujar Ann.

Jika adonan dasar sudah jadi, Anda bisa mencampurkan topping sesuai selera. Di demo masak kali ini, Ann menambahkan chocolate chips, selai blueberry, atau selai raspberry. Cukup aduk hingga tercampur rata, lalu panggang.

“Adonan jangan undermix agar hasilnya tidak crumbly. Tapi juga jangan overmix, nanti jadi bantet,” Ann memberikan tips. Khusus muffin, ia menggunakan feeling untuk menentukan kapan mikser dapat dimatikan. Ingin mencicipi muffin buatan Ann? Ketiga rasa tadi bisa Anda cicipi di Gourmet World.

Sumber: http://food.detik.com/read/2013/01/09/185646/2137746/294/aneka-dessert-kini-tersedia-di-gourmet-world

Facebook0Twitter0Pinterest0

Archives