Serunya Meracik Menu Sehat-Lezat

mediadetail15

MAKANAN sehat belum tentu rasanya kurang lezat. Buktinya, menu masakan yang diajarkan dalam cooking class di Gourmet World, Kemang.

Beberapa waktu lalu SINDO berkesempatan mengikuti cooking session bertema Healthycious : Eat Healthy, Be Healthy! yang hadir dengan beragam menu makanan dan minuman yang mengutamakan konsep kesehatan. Cooking session ini menjadi salah satu program menarik. Tidak hanya berisi tentang cara memasak, tapi di dalamnya juga terdapat edukasi mengenai nutrisi, kalori, dan beberapa hal yang mendukung pola makan sehat.

“Healthy Cooking Session merupakan program bagi pengunjung Gourmet World untuk dapat membuat menu makanan sehat yang mudah namun tetap bercita rasa,” kata Marketing Executive Gourmet World Nadya Sumiskum.

Nadya menyatakan, Healthy Cooking Session juga merupakan program edukasi yang memberikan trik-trik dalam memilih bahan baku utama yang rendah kalori, namun mengandung nutrisi tinggi. Tidak hanya itu, pengunjung pun dapat terus menikmati makanan sehat dan nikmat ala Gourmet World dengan membuatnya sendiri di rumah.

Business and Product Development Director Gourmet World Austin Abdi menambahkan, ragam menu Healthycious kali ini tingkat kesulitan memasaknya tidak tinggi dan pencarian bahan-bahannya tidak sulit. Selain mengikuti cara memasak, peserta juga dibekali pengetahuan lebih rinci mengenai kandungan nutrisi serta kalori setiap makanan.

Menu awal yang dibuat adalah vegetable lasagna, dilanjutkan dengan healthy dessert, grilled peach Sunday, dan ditutup dengan healthy drink, mango magic smoothies. Untuk membuat vegetable lasagna, pertama-tama kita harus tahu cara membuat white sauce rasa vegetarian.

Bahan-bahan yang digunakan untuk white sauce ini adalah 2 sendok teh butter, 500 gram tepung terigu, 2 lembar daun salam, yoghurt tanpa rasa, dan 500 ml susu cair non-fat. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci dimulai dari butter, susu cair, tepung terigu, yoghurt, dan daun salam, kemudian diaduk hingga merata sambil adonan tersebut dimasak di atas api kecil.

Sambil mengaduk adonan, tambahkan garam, lada, sedikit biji pala yang dihaluskan, dan sedikit Knorr. Aduk hingga merata sampai adonan agak mendidih, tanda adonan telah cukup matang, kemudian diamkan.

Untuk isi vegetable lasagna, diperlukan bahan-bahan seperti bayam, jamur, dan krim. Bayam memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Sementara jamur, selain mengandung banyak vitamin, juga mengandung antidetoks, dapat membantu fungsi pencernaan, dan sangat baik untuk kulit.

Bayam hanya perlu dikukus hingga setengah matang, sementara jamur ditumis. Di panci, panaskan minyak zaitun, masukkan bawang bombai, lalu bawang putih, daun salam, serta oregano dan rosemary yang di-mix. Bila sudah kuning dan harum, masukkan jamur yang sudah dicincang. Tambahi garam secukupnya, blackpepper, dan gula.

Sementara untuk layer, rendam dengan air panas selama tiga menit tapi jangan ditumpuk karena akan lengket. Lapis keempat gunakan krim yang khusus untuk memasak. Selanjutnya, siapkan loyang ukuran 30×10 cm yang dilapisi kertas aluminium. Isi vegetable lasagna ada empat lapisan tipis yang diselang-seling hingga loyang terisi penuh.

Lapis pertama oleskan white sauce, lapis kedua berisi bayam yang dikukus, lapis ketiga menggunakan bahan jamur cincang yang terlebih dahulu ditumis, dan lapis keempat menggunakan krim. Tiap tiga lapis ditindih dengan layer sampai lapis paling atas, baru kemudian ditutup dengan adonan white sauce dan taburi keju mozzarella. Kemudian panggang dalam oven bersuhu 100–150 derajat Celsius selama 30 menit. Untuk menyajikannya setelah matang, vegetable lasagna bisa dipotong ukurannya sesuai selera.

Sementara itu, untuk menu grilled peach sunday, bahan-bahan yang diperlukan adalah buah peach, kelapa muda yang sudah diambil daging buahnya, butter, brown sugar, bubuk kayu manis, dan es krim aneka rasa.

Buah peach yang masih segar mengandung vitamin C dan nutrisi untuk kekebalan tubuh. Untuk mengolahnya, siapkan panci ukuran kecil, beri butter, belah dua buah peach, kemudian taburi brown sugar dan bubuk kayu manis di bagian belahan. Masak dan balik hingga warnanya cokelat keemasan.

Untuk penyajiannya, taruh es krim di atas buah peach, sertakan potongan daging buah kelapa yang sudah disangrai. Buah peach ini juga bisa langsung dimasak dengan oven yang diolesi butterber suhu 120 derajat Celsius. Rasa segar buah peach dan es krim menjadi paduan yang cocok untuk makanan penutup Anda yang sehat.

Menu terakhir adalah mango magic. Bahan utamanya berupa mangga madu yang kaya kandungan vitamin A. Ditambah 2 sisir pisang (untuk porsi 6 gelas) dan yoghurt tanpa rasa (2 sendok teh untuk ukuran 1 gelas), dan 300 ml mango juice. Pisang dan yoghurt sangat bagus untuk pencernaan. Kandungan kalsium 1 buah pisang sama dengan 2 buah apel. Pisang juga dipercaya bisa menghilangkan stres dan sakit usai melahirkan. Kandungan kalsiumnya baik untuk tulang dan pencernaan.

Tips untuk blender, masukkan terlebih dahulu cairan, baru kemudian buahnya dan beberapa potong es batu. Mango magic smoothies akan terasa sedikit sepat. Ini dikarenakan penggunaan pisang di dalamnya. Campuran mango juice, mangga madu, sedikit pisang, dan yoghurt menghasilkan jus yang kaya vitamin, segar, sekaligus sehat.

Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/04/05/299/606198/serunya-meracik-menu-sehat-lezat

Facebook0Twitter0Pinterest0

Archives