Thai Cuisine Ala Gourmet World

mediadetail21

MASAKAN Thailand termasuk digemari di Indonesia. Cita rasanya yang mirip masakan Nusantara, diyakini sebagai faktor yang membuat olahan tradisional asal Negeri Gajah Putih itu disukai. Oktober ini, authentic Thai Cuisine juga hadir di Gourmet World.

Masakan Thailand yang identik dengan cita rasa asam, manis, dan pedas sejatinya tidak jauh berbeda dengan selera masyarakat Indonesia. Bahan bahan atau rempah yang digunakan, umumnya mudah ditemukan di Tanah Air. Satu hal lagi, masakan Thailand banyak menggunakan bahan berupa daun sebagai pelengkap menu.

Entah untuk masakan maupun hiasannya. Kemangi dan pandan adalah jenis daun yang paling sering digunakan pada masakan tradisional asal negara beribu kota Bangkok itu. Berangkat dari fakta bahwa Thai cuisine cukup digemari di Indonesia, restoran penyaji hidangan Asia dan Western, Gourmet World, mengangkat sajian tersebut sebagai tema promosi pada bulan ini. Menu yang dipilih adalah yang sudah cukup dikenal di sini dan termasuk street food di negeri asalnya.

“Pada bulan Oktober ini kami mengeksplorasi lebih dalam keberagaman makanan Asia, dan menu khas Thailand menjadi pilihan karena terkenal akan cita rasanya yang unik. Makanan Thailand juga dikenal selalu seimbang dalam menghadirkan komposisi rasa,” kata Business and Product Development Director Gourmet World Austin Abdi.

Sebelum menghadirkan menu Thailand di restorannya yang terletak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Austin sempat melakukan survei ke negeri asal makanan tersebut. Street food tak luput dari pengamatan pria yang juga seorang chef ini.

Dari “petualangan” yang dilakukannya, Austin menemukan kesimpulan bahwa dalam satu menu Thailand, pasti terdapat cita rasa asam, pedas, dan manis yang cukup menonjol. Untuk memunculkan cita rasa tersebut, rempah-rempah banyak digunakan. Tak ketinggalan, bahan baku yang dipilih juga berkualitas. Gourmet World, menurut Austin, sangat memperhatikan hal itu.

“Kami sangat memperhatikan bahan–bahan dasar yang kami pakai, begitu juga dengan perpaduan ragam bumbunya. Dengan begitu, kami dapat menciptakan menu khas Thailand yang kelezatannya dapat memuaskan para penikmat kuliner,” sebutnya.

Sedikitnya terdapat 12 menu yang ditawarkan dalam promosi bertajuk Thai Lands Here ini. Sebagai menu pembuka, Anda dapat memesan seafood tom yum dan thai chicken pandan leaf yang disajikan dengan sweet soy sauce. Ada lagi thai fish cakes danthai beef salad yang berisi antara lain selada, tomat cherry, wortel, dan bawang bombai. Untuk menu main course, pilihannya ada pad thai yang disajikan dengan prawn, bean sprout, dan chives, dilengkapi dengan taburan dry chili, cashew nut, serta lime.

Tom yum seafood fried rice juga merupakan sajian andalan di deret menu utama. Pilihan lain, ada stir fried thai minced chicken and basil, beef pho soup noodle, dan thai red chicken curry. Sebagai penutup, pilihan menunya semua manis. Ada mango sticky rice yang disajikan dengan es krim rasa kopyor, potongan buah mangga, dan krim kelapa, juga thai cassava, yakni singkong rebus yang dibaluri krim kelapa. Untuk melepas dahaga, cobalah thai ice tea yang nikmat, atau mango twist yang menyegarkan.

Minuman yang disebut paling akhir terbuat dari campuran jus mangga, lime, dan potongan buah mangga segar.

“Masakan Thailand yang kami hadirkan pada Oktober ini sudah tidak asing lagi, baik bagi pelanggan lokal maupun pelanggan ekspatriat. Komposisi bahan-bahan masakan Thailand tidak jauh berbeda dengan komposisi bahan masakan Indonesia yang kaya rempah,” sebut General Manager Operational & Marketing Gourmet World Heru Singgih.

Sumber: http://www.okefood.com/read/2012/10/12/299/702819/thai-cuisine-ala-gourmet-world

Facebook0Twitter0Pinterest0

Archives